Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) Ke XIII Tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dari Pendaftaran yang dimulai pada 27 Juli sampai pengumuman Babak Final yaitu 23 Oktober 2020.

Kegiatan GEMASTIK XIII/2020 diikuti oleh 2.869 dari 171 Perguruan Tinggi yang terverifikasi di Indonesia dengan mempertandingkan 11 Kategori/Divisi Inti dan Non Lomba Inti (E-Sport) (Sumber: GEMASTIK13). GEMASTIK XIII/2020 Terdiri dari beberapa Babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. 3 (Tiga) Tim Mahasiswa Universitas Gunadarma berhasil melaju ke Babak Final yaitu pada kategori 2 (dua) tim pada Kategori/Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK dan 1 (satu) tim pada Kategori/Divisi Pengembangan Perangkat Lunak. Babak Final dilaksanakan secara daring pada 21-23 Oktober 2020 dengan tuan rumah yaitu Universitas Telkom. Pengumuman Pemenang dilakukan oleh Ketua Dewan Juri yaitu Bapak Dr. Ir. Heroe Wijanto, M.T.

Tim Universitas Gunadarma Berhasil Meraih Juara Ke-3 Kategori/Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK:

  • Nama Tim : Sans Fun Tech
  • Judul Karya                 : Alat Pengendali Suhu dan Kelembapan pada proses Fermentasi Tempe Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560
  • Dosen Pembimbing : Dr. Singgih Jatmiko, S.Si., M.Sc.
NoNamaNPMJurusanKeterangan
1Santika2B119053Sistem KomputerKetua
Gambar Pemenang Karya Tulis TIK

Disamping itu, 2 (dua) Tim GEMASTIK XIII/2020 Universitas Gunadarma berhasil meraih menjadi Finalis pada Kategori/Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK dan Pengembangan Perangkat Lunak, diantaranya:

Kategori/Divisi Karya Tulis Ilmiah TIK

  • Nama Tim : Al Fath
  • Judul Karya                 : Aplikasi Berbasis Android AYO MENGHAPAL AL-QUR’AN
  • Dosen Pembimbing : Dr. D. L. Crispina Pardede, DEA.
NoNamaNPMJurusanKeterangan
1Muhammad Iqbal Darmawan54417087Teknik InformatikaKetua
2Hilda Tasya Salsabila52417766Teknik InformatikaAnggota 1

Kategori/Divisi Pengembangan Perangkat Lunak

  • Nama Tim : Bonaventura
  • Judul Karya                 : Aplikasi Perangkat Lunak Teman Disleksia (TeDi)
  • Dosen Pembimbing : Guntur Eka Saputra, S.T., M.M.S.I.
NoNamaNPMJurusanKeterangan
1Geadalfa Giyanda52417498Teknik InformatikaKetua
2Reza Yudhistira55417115Teknik InformatikaAnggota 1
3Syafli Shovin16118901Sistem InformasiAnggota 2

Selain 11 Kategori/Divisi Lomba Inti dari GEMASTIK XIII/2020, lomba ini juga menyelenggarakan Lomba atau eksibisi non lomba inti yaitu Kategori E-Sports. Pada kategori ini Universitas Gunadarma dengan nama Tim Gunadarma E Sports berhasil Meraih Juara 1 Cabang E-Sports Mobile Legends. Adapun nama-nama mahasiswa yang berhasil berjuang dan meraih prestasi tersebut yaitu:

NoNamaNPMJurusan
1Ariq Arundya Zaneta51418097Teknik Informatika
2Satria Syifa Arizal56418547Teknik Informatika
3Muhammad Daffa Hamdani14119076Sistem Informasi
4Irwan Sulistio53419084Teknik Informatika
5Ikbar Bariqalaa Nashrulah52419916Teknik Informatika
Gambar Pemenang E-Sport Mobile Legends

Berdasarkan hasil Juara dari 11 Kategori/Divisi Lomba dari GEMASTIK XIII/2020, maka klasemen akhir Universitas Gunadarma berhasil berada diurutan Ke-14 dari 171 Perguruan Tinggi di Indonesia. Universitas Gunadarma berada di urutan Ke-14 dengan 1 Medali Perunggu bersama dengan 4 Perguruan Tinggi lainnya (No Urut 11-15).

Gambar Klasemen Akhir Perolehan Medali 11 Kategori/Divisi Lomba Inti GEMASTIK XIII/2020

Terima kasih kepada Tim Mahasiswa Universitas Gunadarma yang telah berjuang untuk Nama Almamatermu. Teruskan pesan dari Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Nadiem Anwar Makarim untuk terus Berkarya, Berkolaborasi, dan Berinovasi untuk Indonesia yang semakin baik dan unggul. Terus lah menjadi inspirasi yang baik untuk teman-teman mahasiswa khususnya di Universitas Gunadarma. Bravo Civitas Akademika Universitas Gunadarma.

Depok, 24 Oktober 2020

Bidang Kemahasiswaan
Universitas Gunadarma